Breaking News
Loading...
Minggu, 27 Desember 2015

Info Post
Keindahan dan Pesona Tempat Wisata di Garut salah satunya adalah memiliki beberapa Air Terjun / Curug.Dari sekian Wisata Garut yang berupa Air Terjun tersebut, nama Curug Orok merupakan wisata air yang paling berkibar.Hal tersebut disebabkan karena letak geografis Curug Orog Garut yang paling dekat dan mudah dijangkau dan pusat Kota Garut.

Wisatawan yang berasal dari beberapa kota di  sekitar Jawa Barat dan Jakarta, biasanya memilih Tempat Wisata di Garut ini.Memang Objek Wisata Curug Orok pas dan layak menjadi salah satu tujuan Wisata Garut yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam sambil berendam di Air Terjun / Curug Orok Garut.

Asal mula air tejun itu diberi nama Curug Orok lantaran menurut narasi orang-orang setempat pada th. 1968 ada seseorang wanita muda yang buang bayinya dari puncak air terjun, hingga air terjun itu diberi nama Curug Orok. Bila dipandang dari beentuknya curug itu memiliki 2 curug, di mana yang besar melambangkan kehadiran ibu si bayi serta yang kecil melambangkan bayi itu.

Curug orok dengan ketinggian? 45 M itu telah jadi Objek Serta Daya Tarik Wisata (setelah itu disngkat ODTW) mulai sejak 21 April 1996. Curug Orok adalah type ODTW alam yang terdapat di desa Cikandang kecamatan Cikajang Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Curug Orok tersebut dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara serta dipunyai oleh PT. Perkebunan Papandayan. Saat operasi dari ODTW Curug Orok itu dari mulai jam 09. 00-16. 30.

Jarak lokasi itu dari Ibukota kecamatan Cikajang? 5 Km, sedang dari Ibukota Kabupaten Garut? 31 Km. Curug Orok sendiri ada di ketinggian 250 M di atas permukaan laut dengan konfigurasi umum tempat berbukit lantaran letaknya di kaki gunung Papandayan serta tingkat kemiringan lahannya landai serta curam Tingkat kestabilan serta daya serap tanah di kawsan itu baik serta tingkat abrasi yang rendah. Type material tanahnya yakni berbentuk tanah liat yang berbatu serta kerikil. Curug Orok mempunyai air yang jernih, bau air normal serta temperatur yang dingin. Ada dampak musim di mana ketika musim kemarau debet airnya lebih sedikit.

Flora dominant di seputar Curug Orok yaitu pohon pinus, papaya serta tumbuhan liar yang lain. Sedang fauna yang ada di lokasi yakni monyet serta ular. Kwalitas serta visabilitas lingkungan di lokasi itu termasuk baik meskipun ada sedikit pencamaran sampah serta vandalisme di bebatuan yang dikarenakan oleh pengunjung. Ada juga papan penunjuk jalan serta sedikit rambu iklan. Sumber daya listrik di lokasi datang dari PLN dengan 220 volt.

Sumber air bersihnya datang dari air terjun tersebut yang debitnya tak terbatas serta kwalitas airnya yang jernih, terasa tawar serta baunya normal. System pembuangan limbah di Curug Orok yakni lewat septic tank serta system irigasi dalam keadaan yang baik. Sedang system komunikasi di lokasi itu yakni berbentuk handy talkie dengan jumlah 6 buah dalam keadaan yang cukup.

Didalam lokasi itu ada banyak kios makanan serta souvenir, yang jual kerajinan tangan serta alat-alat rumah tangga. Ada tempat parkir dengan luas 500 m2 dengan daya tampung 10 bus, 20 mobil serta 50 motor. Ada juga suatu pintu masuk dalam keadaan yang cukup baik.

Di dalam lokasi juga ada 2 buah toilet yang sekalian berperan juga sebagai ruangan ubah serta suatu tempat basuh yang keadaan bangunannya kurang baik. Di lokasi Curug Orok juga ada suatu shelter. di lokasi ini dapat ada sarana keamanan berbentuk pos jagalah yang juga berperan juga sebagai pos ticket. Jalan akses yang ada dikawasan itu yakni jalan raya selama 700 m dengan lebar jalan 3-5 m, jalan desa sepanjang200 m, serta jalan setapak berbentuk tangga yang panjangnya? 200 m. Wisatawan yang bertandang ke ODTW Curug Orok itu datang dari Garut, Bandung, Bogor serta Jakarta.

Batas administrasi ODTW itu Seperti berikut :
Utara : Gunung Papandayan
Selatan : Gunung Geder
Barat : Desa Cikandang
Timur : Kecamatan Pamulihan

Informasi Air Terjun atau Curug lain di Kota / Kabupaten Garut yang lain:

0 komentar:

Posting Komentar