Breaking News
Loading...
Jumat, 01 Januari 2016

Info Post
Nama Situ Bagendit memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Garut.Tempat Wisata di Garut ini pernah menjadi primadona wisata kota ini beberapa puluh tahun yang lalu, walaupun sekarang agak sulit bangkit lagi untuk kembali ke kejayaan di masa lampau.

Wisata Situ atau Danau Bagendit ini kental dengan cerita rakyat yang menyertainya atau legenda yang masih banyak yang percaya bahwa terbentuknya danau tersebut berdasar pada legenda dan mitos tentang Nyi Endit, seorang janda kaya yang pelit dan kikir yang akhirnya tenggelam ke dalam danau yang dikenal dengan Situ Bagendit tersebut.

Situ Bagendit terdapat di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit adalah tempat wisata alam berbentuk danau dengan batas administrasi disamping utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disamping selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disamping timur berbatasan dengan Desa Binakarya, serta disamping barat berbatasan dengan Desa Sukamukti.

Kesibukan wisata yang bisa dikerjakan di Situ Bagendit itu diantaranya nikmati panorama, melingkari danau dengan memakai perahu atau rakit. Beberapa pengunjung dapat juga lakukan aktivitas rekreasi keluarga, nikmati panorama dan aktivitas bersepeda air.

Tempat wisata itu dikelola oleh Ayah Ajan Sobari dengan status kepemilikan ada di tangan pemerintah daerah yang kewenangannya dilimpahkan pada Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Kabupaten Garut serta pihak swasta yakni Ayah Adang Kurnia. Berdasar pada perda no. 11 th. 2001 harga masuk ticket ke lokasi itu Rp. 1. 000/orang untuk dewasa serta Rp. 500/orang untuk anak-anak.

Objek serta daya tarik wisata alam Situ Bagendit mempunyai kwalitas lingkungan, kebersihan serta bentang alam dalam keadaan yang baik. Bangunan-bangunan yang ada di lokasi, baik yang permanen ataupun semi permanen, dalam keadaan tertangani baik. Di lokasi itu ada pencemaran sampah serta vandalisme berbentuk coretan di bangunan serta pohon. Visabilitas di lokasi itu sedikit terhambat, tingkat kebisingan yang tengah serta ada rambu iklan.

Sarana yang ada di lokasi itu yakni penyewaan 60 buah rakit dengan tarif Rp. 25. 000/15 menit, 11 buah sepeda air dengan tarif Rp. 10. 000/15 menit yang dalam keadaan yang baik. Ada juga sebagian bangku taman serta 6 buah shelter yang disewakan untuk pengunjung dengan harga Rp. 3. 000/jam. Ada juga kereta api mini dengan tarif Rp. 2. 000 serta kolam renang dikawasan Situ Bagendit itu.

Situasi di lokasi tempat wisata itu termasuk cukup nyaman karena pembangunannya telah direncanakan dengan baik oleh dinas pariwisata tetapi masihlah ada kios liar serta pedagang kaki lima yang dengan asal-asalan mengadakan barang dagangan mereka hingga tingkat visabilitas di lokasi itu jadi sedikit terhambat. Objek serta daya tarik wisata Situ Bagendit itu beroperasi jam 07. 00-17. 00.

Keadaan bangunan yang ada di lokasi itu dalam keadaan yang baik dengan type material bangunan permanen serta semi permanen dalam tata ruangan yang cukup baik karena pembangunan di lokasi Situ Bagendit itu telah direncanakan dengan baik.

Dikawasan objek serta daya tarik wisata Situ Bagendit itu kwalitas lingkungan, kebersihan serta bentang alamnya dalam keadaan yang baik. di lokasi itu ada pencemaran sampah serta vandalisme berbentuk coretan di bangunan serta pohon yang dikarenakan oleh pengunjung. Visabilitas di lokasi itu sedikit terhambat, tingkat kebisingan yang tengah serta sedikit ada rambu iklan.

Sumber daya listrik di lokasi itu datang dari PLN dengan voltase 220 volt serta distribusi yang cukup. Sumber daya air bersih di lokasi itu datang dari sumur serta PDAM dengan kwalitas air yang jernih, rasa air yang tawar, serta bau air yang normal. Kadang-kadang ada masalah pemakaian air di lokasi Situ Bagendit yakni jika musim kemarau air di sekelilingnya menyurut. System pembuangan limbah di lokasi itu yakni lewat septic tank, selokan serta lewat system irigasi. Lokasi wisata Situ Bagendit ini dapat mempunyai system komunikasi berbentuk telephone dalam jumlah yang kurang mencukupi.

Ada juga jalan setapa dikawasan Situ Bagendit itu yang panjangnya? b 50m. di depan lokasi Situ Bagendit ada tempat parkir dengan luas 1400 m2 dengan daya tampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi serta 180 kendaraan bermotor dalam keadaan yang cukup baik dengan susunan permukaan berbentuk tanah, tetapi vegetasi peneduhnya kurang mencukupi.

Ada suatu pos ticket yang juga berperan juga sebagai pintu masuk dalam keadaan yang cukup baik. ada juga suatu toilet umum dalam keadaan bangunan serta kebersihan yang cukup. Dikawasan itu ada taman bermain dengan vegetasi peneduh serta dalam keadaan yang cukup. Ada tempat beribadah berbentuk Mushola serta ada 10 buah tempat sampah dikawasan wisata Situ Bagendit.

0 komentar:

Posting Komentar